Sab. Jun 22nd, 2024

Meriahnya Pawai Alegoris Solok Selatan

By PA Agu17,2023

Puncak Andalas, Solok Selatan – Pawai alegoris berarti arak-arakan panjang yang diikuti oleh banyak orang dan dilangsungkan atau dipertunjukkan di muka umum.

Pawai tersebut mendapat sambutan dan antusias dari masyarakat.

Decak kagum dan bangga jelas terpancar dari wajah Bupati H. Khairunas bersama Wakil Bupati H. Yulian Efi. Kegiatan ini juga turut disaksikan Ketua DPRD Zigo Rolanda, Kapolres, Sekdakab DR. Syamsurizaldi, Asisten, Staf Ahli, Ketua Organisasi Kewanitaan di Solsel serta jajaran Kepala OPD.

Kegiatan arak-arakan panjang yang diikuti oleh banyak orang dengan berbagai pertujunkan, seperti drumband, pawai budaya, hingga kesenian ini juga ditunjukkan oleh para peserta.

Bahkan untuk tampil pada pawai ini, pelajar rela untuk mempersiapkan diri dari sejak pagi, seperti terpantau di beberapa lokasi jasa rias.

Tidak hanya peserta yang jumlahnya ribuan orang saja yang antusias.

Terpantau sejak arak-arakan mulai, ratusan bahkan ribuan warga telah berdiri sepanjang jalan yang akan dlewati oleh peserta.

“Ribuan siswa sekolah ikut pada pawai ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Selatan, Syamsuria yang di dampingi oleh Sekretris, Dafrizal .

Kadis menambahkan, “Sekolah bebas menampilkan berapa tim dan tema mereka, apakah drumband, pawai aleforis, atau pawai kreatifitas karya siswa,” jelasnya.

“1 sekolah mendapat 1 nomor lot, jadi apapun yang mereka tampilkan berada dalam 1 barisan sekolahnya masing-masing,” katanya.

Sedangkan Dafrizal menambahkan, rute pawai pada tahun ini dimulai dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Solok Selatan yang berada di Padang Aro dengan Finish di Tugu Pemekaran Kecamatan Sangir.

Pawai ini diikuti dari berbagai kalangan, OPD, Nagari, Perusahaan, Organisasi Kemasyarakatan, murid TK, Siswa SD, SMP hingga SMA/Sederajat yang menampilkan marching band, peragaan pakaian adat dan hiasan pernik-penik HUT ke-78 RI dan lainnya. Ds

By PA

Related Post