Sel. Jul 16th, 2024

Bundo Kanduang Gelar Lomba Adat Minang

Puncak Andalas, Padang Panjang – Bundo Kanduang Nagari Gunuang gelar berbagai lomba bernuansa adat Minang, di Aula Kantor Lurah Ganting, Kota Panjang, Minggu, 20 Agustus 2023.

Ketua Bundo Kanduang Nagari Gunuang, Asnimar, S.Kar, M.Sn menyampaikan, pertemuan sekali dalam sebulan ini merupakan agenda rutin Bundo Kanduang Nagari Gunuang.

“Karena bertepatan dengan peringatan HUT RI, maka digelarlah beberapa lomba untuk turut memeriahkannya. Adapun lomba yang digelar yaitu malakek an tingkuluak tanduak, manyerak bareh kunik serta mangabek dulang,” jelasnya.

Diungkapkannya, digelarnya beberapa lomba ini sebagai konsistensi Bundo Kanduang Nagari Gunuang dalam menjaga dan melestarikan budaya Minangkabau agar Urang Mudo jo Puti Bungsu tahu adat istiadat sebagai urang Minang.

“Dengan lomba ini kita memperkenalkan adat istiadat salingka nagari. Ramo-ramo sikumbang jati, patah tumbuh ilang baganti. Walaupun zaman terus berubah namun adat akan tetap kita lestarikan,” tekadnya.

Sementara itu salah satu Bundo Kanduang, Kiki Anugerah Dia, S.E yang juga anggota DPRD Padang Panjang, berharap melalui pertemuan rutin ini tercipta kebersamaan sesama anak nagari.

“Pertemuan seperti ini agar silaturahmi tetap terjalin. Tidak hanya Bundo Kanduang tetapi juga Puti Bungsu nagari sebagai cikal bakal Bundo Kanduang nantinya. Sehingga ada estafet ilmu bagi anak cucu kita nantinya,” harap Kiki. andes

By PA

Related Post