Sab. Jun 22nd, 2024

20 Orang Warga PPT Ikuti Membatik

By PA Agu29,2023 #20 Orang

Puncak Andalas, Padang Panjang – Sebanyak 20 warga Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Kota Padang Panjang ikuti pelatihan membatik, di aula kantor lurah tersebut, Senin, 28 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Padang Panjang Timur (PPT), Drs. Asrul,

Asrul menyampaikan, kegiatan ini merupakan potensi bagi masyarakat untuk menciptakan usaha baru sebagai sumber penghasilan dan dapat menghasilkan lapangan pekerjaan.

“Pelatihan ini semoga bisa menjadi rutinitas di PPT,” ucapnya.

Sementara itu Lurah Sigando, Erosen Adera, S.T mengatakan tujuan pelatihan batik cap ini untuk meningkatkan perilaku, keterampilan serta pengetahuan dalam membatik. Pemanfaatan peluang usaha dengan mengembangkan kreativitas masyarakat dalam membatik. Memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha di bidang batik.

Yusrizal yang membimbing pelatihan yang diikuti 20 peserta dari 10 RT di Sigando itu menjelaskan, batik cap merupakan salah satu jenis proses produksi batik yang menggunakan canting cap. Canting cap ini mirip seperti stempel, hanya saja bahannya terbuat dari tembaga dan dimensinya lebih besar, rata-rata berukuran 20 cm x 20 cm.

“Pelatihan ini turut berdampak pada upaya pelestarian budaya batik yang sudah ditetapkan Unesco sebagai warisan dunia pada 2009 lalu,” ungkapnya. Hm

By PA

Related Post