Sel. Jul 16th, 2024

Bupati Agam, TPA/MDA Kembangkan Tahfiz

Puncak Andalas, Agam – TPA/MDA untuk mengembangkan pendidikan tahfiz Al-Qur’an pada santrinya. Karena santri TPA/MDA sangat berpotensi untuk menjadi hafiz.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Agam, Dr H Andri Warman, saat menutup pelatihan guru TPA/MDA, di Hotel Sultan Ampek Angkek, Rabu, 11 Oktober 2023.

Menurutnya, santri TPA/MDA akan mudah belajar tahfiz, karena mereka sudah terlatih dalam membaca Al-Qur’an.

“Maka kita berharap TPA/MDA agar dapat mengembangkan pendidikan tahfiz ini,” katanya.

Ini juga dapat mewujudkan 1.000 rumah tahfiz di Agam, yang kini jumlahnya sudah hampir 400 rumah tahfiz.

Apalagi sebut bupati, pengembangan tahfiz ini menjadi salah satu program unggulannya, dengan harapan banyak lahir generasi yang berkarakter dan Qur’ani di Agam.

Sedikit ia menceritakan, dahulu tokoh nasional banyak berasal dari Agam, bahkan terbanyak dibanding daerah lain di Sumatera Barat.

“Tentu ini dilatar belakangi dengan karakter. Maka melalui pengembangan tahfiz ini, kita berharap karakter generasi bisa lebih baik,” katanya.

Bupati akrab disapa AWR itu berupaya bagaimana karakter generasi jadi lebih baik melalui pengembangan tahfiz, sehingga ke depan bermunculan tokoh-tokoh hebat dari Agam.

Lebih dari itu terangnya, keimanan dan ketaqwaan generasi juga bisa lebih meningkat, yang akan menjadi bekal bagi mereka diakhirat.

“Untuk itu mari terus kembangkan tahfiz ini, supaya apa yang kita impikan bisa terwujud,” ajaknya.

Bupati AWR juga berupaya bagaimana nagari di Agam bisa membantu insentif terhadap guru TPA/MDA, selain dari Pemkab Agam.

Dikesempatan itu, bupati akan berikan bantuan bagi 2 guru TPA/MDA termuda untuk melanjutkan pendidikan S2, dan tengah melanjutkan S2 jurusan Bahasa Inggris.Amc

By PA

Related Post