Jum. Apr 19th, 2024

Dikominfo Mentai Dikunjungi KPID Sumbar

By nrlvi Okt 24, 2023
16

Puncak Andalas, Mentawai – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten kepulauann Mentawai dikunjungi oleh Tim Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Barat, Senin, 23 Oktober 2023.

Kepala Diskominfo Mentawai, Heri Robertus didampingi Kabid Komunikasi Marcolinus, dan Direktur Program LPPL Sasaraina, Rahadio  menyambut kedatangan Tim KPID Sumbar yang sekaligus memanfaatkan kunjungan tersebut sebagai ajang bersilaturahmi.

Selain itu juga, KPID Sumbar melakukan koordinasi dengan LPPL Radio Sasaraina, terkait kesiapan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) dalam menghadapi Pemilu 2024 dan KPID Award 2023 yang bakal digelar pada Desember mendatang.

Ketua KPID Sumbar, Robert Cenedy  berharap LPPL Radio Sasaraina yang merupakan radio Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu dalam hal menyosialisasikan kegiatan dan tahapan di Pemilu 2024 mendatang.

“Lembaga Penyiaran Publik Lokal Sasaraina harus siap dalam menghadapi Pemilu 2024 ini, terkhusus dalam pemberitaan dan dalam pelayanan informasi kepada publik,” tutur Robert.

Lebih lanjut, Ia mengatakan jika LPPL Sasaraina harus pintar dalam memilih pemberitaan, selalu melakukan cek dan ricek serta kebenaran informasi sebelum melakukan penyiaran, ” informasi dengan cek dan ricek ini sangat penting, apalagi terkait dengan pelaksanaan Pemilu, jangan sampai justru nanti dalam pemberitaannya mendapat teguran dari Bawaslu,” ucapnya.

Sementara, Koordinator Bidang PKSP KPID Sumbar Dasrul menyebutkan masa depan penyiaran lokal di Sumbar cukup menjanjikan dalam penyebaran informasi dan hiburan kepada masyarakat. Hal ini, kata Dasrul karena didukung oleh regulasi yang memadai dan dukungan Pemerintah daerah yang cukup terbuka dalam pengembangan lembaga penyiaran lokal yang ada didaerah mereka.

Menyinggung tentang lembaga penyiaran lokal di kabupaten Mentawai, Dasrul menyampaikan apresiasi untuk LPPL Radio Sasaraina yang masih eksis dalam penyebaran informasi, hiburan dan edukasi.

” Saya lihat dari programnya,  Radio Sasaraina ini cukup memberikan nuansa penyebaran informasi, hiburan dan edukasi kepada masyarakat Mentawai, semoga semakin baik kedepannya,” Kata Dasrul sembari menyebutkan, dia telah lama mengamati program siaran Radio Sasaraina meskipun secara streaming.

Pada bagian lain, Dasrul  juga mengajak Dinas Kominfo Mentawai untuk mengembangkan TV Lokal berbasis digital yang menurutnya menjadi tantangan tersendiri untuk pemerintah daerah dimasa depan.

TV digital lanjut Dasrul memiliki keunggulan tersendiri dibanding TV analog, apalagi kata dia perizinan untuk TV analog sudah tidak dikeluarkan lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Mentawai Heri Robertus mengucapkan terima kasih atas atensi kunjungan ketua dan Komisioner KPID Sumbar ke Mentawai dalam rangka  mewujudkan kesiapan LPPL Sasaraina untuk melakukan  Penyiaran sehat Pemilu Bermartabat di Sumatera Barat, dan juga sekaligus menjelaskan tentang program  KPID Sumbar menggelar KPID Award 2023.

Heri menyebutkan, kunjungan KPID Sumbar juga merupakan salah-satu momentum dalam hal memotivasi pihaknya sebagai OPD yang membawahi LPPL Sasaraina.

” kedatangan ketua dan komisioner KPID Sumbar ini merupakan kebahagiaan bagi kami, sekaligus memberikan semangat motivasi agar bisa meningkatkan kualitas siaran, dan  memberikan pelayanan informasi publik tanpa melanggar peraturan yang berlaku,” Kata Heri

Kunjungan Ketua KPID Sumbar Robert Cenedy  yang juga didampingi Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Sumbar Ficky Trisaputra, dan Koordinator Bidang PKSP KPID Sumbar Dasrul sebelumnya juga menyempatkan bersilaturahmi dengan Penjabat Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak dan secara singkat memaparkan tentang maksud dan tujuan  kedatangannya ke Mentawai dan juga mengharap dukungan Pemerintah Mentawai dalam penganggaran LPPL Radio Sasaraina.(de)

By nrlvi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *