Jum. Apr 19th, 2024

Wabup Sijunjung Serahkan Pupuk Cair

By nrlvi Okt 26, 2023
15

Wakil Bupati (Wabup) Sijunjung, Iraddatillah menyerahkan Bantuan pupuk hayati cair (PHC) dari Kementerian Pertanian RI untuk para petani di BPP IV Nagari, Sijunjung, Selasa, 24 Oktober 2023.

Dalam arahannya Wabup Iraddatillah menyampaikan sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian daerah, karena sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat.

Pemerintah Daerah selalu berusaha mengajukan program kepada kementerian pertanian yang secara langsung tersentuh oleh masyarakat salah satunya PHC.

Alhamdulilah Kabupaten Sijunjung mendapatkan bantuan seluas 3.597 hektar, dengan total bantuan 14.388 hektar tentu ini merupakan kabanggaan kita yang nantinya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi para petani.

Bantuan PHC ini diberikan kepada 15 kelompok tani se Kecamatan IV Nagari yang selanjutnya dibagikan kepada para anggota kelompok, dimana dosis penggunaannya empat liter PHC bisa untuk satu hektare lahan pertanian.

“PHC ini untuk tanaman padi, jagung dan palawija lainnya dengan tujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan. ungkap Wabup Iraddatillah.

Kita sama mengetahui PHC merupakan ramah lingkungan yang banyak memiliki manfaat tentu untuk mengurangi dosis NPK, kaya mikroba hayati sehingga dapat menyuburkan tanah.

Di akhir sambutan Wabup Iraddatillah berharap dengan adanya bantuan PHC diharapkan dapat mensubtitusi kebutuhan pupuk anorganik atau pupuk kimia yang alokasinya sangat terbatas dan harganya mahal sehingga dapat meringankan beban petani dan mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia

By nrlvi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *