Jum. Apr 19th, 2024

Tren Positif, “Bulutangkis Indonesia”

By nrlvi Okt 30, 2023
Download

Puncak Andalas, Jakarta – Tren Positif,  mengawali akhir pekan pada pebulutangkis Indonesia yang berhasil meraih gelar juara di dua ajang berbeda.

 

Di Rennes, dua wakil Indonesia beraksi di final French Open 2023. Ada Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di ganda putra dan Jonatan Christie di nomor tunggal putra.

Bagas/Fikri memang harus puas menjadi runner-up. Tapi performanya di final French Open 2023 tetap layak diacungi jempol saat menghadapi pasangan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Dalam duel alot 62 menit, Bagas/Fikri mampu merepotkan unggulan ketujuh asal Denmark tersebut. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri akhirnya kalah rubber game 14-21, 21-10, 18-21.

Sementara Jonatan Christie juara French Open 2023 usai mengalahkan unggulan kedelapan dari China Li Shi Feng. Jojo, yang menjadi unggulan kelima, memperlihatkan daya juang impresif untuk bangkit dari ketinggalan dan menang 16-21, 21-15, 21-14.

Hasil ini menjadi peningkatan dari seri sebelumnya dalam tur di Eropa, ketika Indonesia tanpa gelar juara di Denmark Open 2023. Selain itu, membandingkan kedua ajang, jumlah wakil di final juga memperlihatkan peningkatan. Merah Putih cuma punya satu wakil di partai puncak Denmark, sedangkan di Prancis jumlahnya bertambah satu wakil lagi.

Selain gelar juara dari turnamen ke-27 dalam rangkaian BWF World Tour 2023 itu, pada akhir pekan ada pula titel lain di Tanah Air dari pebulutangkis Indonesia. Dua gelar juara disabet wakil Merah Putih di BNI Indonesia Masters II 2023.

Dalam ajang Super 100 yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, dari 24-29 Oktober 2023 tersebut, pebulutangkis Indonesia punya tiga wakil di final. Salah satunya berupa All Indonesian Final.

Partai puncak BNI Indonesia Masters II 2023 pada nomor ganda putri menghadapkan dua pasangan dari Indonesia, yakni Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose. Lanny/Ribka juara dengan 21-12, 21-16.

Gelar juara lainnya disabet oleh ganda campuran Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata. Unggulan keenam BNI Indonesia Masters II 2023 itu mengalahkan unggulan teratas Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat, 21-17 21-19.

Sebagai informasi, Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat dicatat menempati posisi ke-35 dalam peringkat BWF per 24 Oktober 2023. Di Thailand, peringkat mereka cuma kalah dari ganda campuran utama Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran.

Di atas kertas, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata sebenarnya kalah diunggulkan melawan pasangan Thailand itu karena cuma berada di peringkat ke-58 BWF. Tapi hasil di atas lapangan membuktikan fakta berbeda. Jafar/Aisyah juara ganda campuran, melanjutkan gelar juara ganda putri Lanny/Ribka. Detik.com

By nrlvi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *