Sel. Jul 16th, 2024

Prabowo-Gibran Bangun Ekosistem Digital

16

Puncak Andalas, Jakarta – Salah satu rencana calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka, untuk membangun ekosistem digital di Indonesia. Hal tersebut di ungkap kan oleh Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmik0.

Salah satu rencana besarnya dengan mengubah 10 wilayah menjadi kota inovasi dan metaverse, termasuk ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Pembangunan ini bertujuan dalam rangka membangun ekosistem digital agar tidak tertinggal dari negara-negara lain.

“Kita mulai dari mana? Dari wadah analog, digital harus beralih ke analog. Sepuluh (10) kota inovasi yang mau dibangun Pak Prabowo-Gibran, karena tantangan rekayasa tadi, dampak sosial perubahan budaya, perubahan mental, perusahaan ideologi, perubahan identitas. Kalau nggak hati-hati, kita akan hilang sebagai sebuah bangsa, atau setidaknya irrelevant sebagai sebuah negara,” kata Budiman dalam diskusi Indonesia Digital Summit 2023, di Four Season Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Budiman mengatakan dari 10 kota yang akan direncanakan jadi kota inovasi dan metaverse, IKN Kalimantan Timur akan menjadi pusat ekosistem digital Indonesia. Kemudian 9 kota lainnya menjadi pendukung dan industri berteknologi tinggi.

“Jadi, 9 kota menjadi seperti 9 planet dan mataharinya IKN sebagai super hub dari ekosistem digital. Ini bisa dikerjakan. Orangnya ada, saya sering ketemu anak bangsa bisa membuat jantung buatan, otak buatan, lab riset pertanian di bulan, ketika dia dapat beasiswa dari Indonesia, setelah pulang, nganggur, nggak punya meja. Kita ingin menciptakan wadah,” jelasnya.

Adapun 10 kota yang akan disulap dengan teknologi tinggi, pertama IKN Kalimantan Timur, Sumatera 1 menjadi kota industri chips dan nanotechnology, Sumatera 2 jadi industri IOT dan sensors, Jawa 1 jadi industri Al dan teknologi komputasi, Jawa 2 jadi industri mobile devices dan VR/AR, Jawa 3 jadi industri robotics dan autonomous vehicles.

Kemudian, Bali jadi industri human computer interface dan social media, jadi Sulawesi industri biotechnology dan agricultures, dan Maluku energy storage industries dan Papua jadi industri satellite dan connectivity.

Dalam paparannya, untuk membangun 10 kota inovasi dan metaverse ini membutuhkan dana yang cukup besar. Untuk membangun satu kota berteknologi tinggi, membutuhkan dana sebesar US$ 557 juta.

Rencana besar itu tentu bukan hanya pemerintah yang terlibat, Budiman mengatakan perlu adanya kolaborasi antara semua pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah hingga pengusaha.

“Pak Prabowo-Gibran menawarkan pendekatan kesiapan teknologi dan kesiapan pasarnya adalah kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, inilah kolaborasinya, ada kekuatan otak komunitas, uang, dan pemerintah. Masing-masing ada hubungannya, kita bangun ekosistem,” ujar dia. dt

By PA

Related Post