Sel. Jul 16th, 2024

Padang Serahkan Dana Operasional RT/RW

8
Puncak Andalas, Padang – Pemerintah Kota Padang serahkan dana operasional RT/RW, Guru TPQ/TQA dan MDT, Imam Masjid, Guru PAUD, serta Kader Posyandu Triwulan IV tahun 2023.
Penyerahan diawali di Kecamatan Padang Timur bertempat di Masjid Istiqomah, Kelurahan Sawahan, Senin, 4 November 2023.
Kemudian dilanjutkan penyerahan di kecamatan Kuranji bertempat di Masjid Jamiatul Huda Ketaping, dilanjutkan ke Kecamatan Pauh, di Masjid Al Marhamah Kelurahan Limau Selatan, dan berakhir di Kecamatan Lubuk Kilangan, di Masjid Jabal Rahmah, Indarung.
Wali Kota Padang’ Hendri Septa sewaktu menyerahkan dana operasional tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada RT/RW, Guru TPQ/TQA dan MDT, Imam Masjid, Kader PAUD atas dedikasinya bersama pemerintah dalam membangun Kota Padang.
“Atas nama Pemerintah Kota Padang kami menyampaikan apresiasi kepada Bapak/Ibu semua telah menjadi mitra kami dalam membangun kota ini. Alhamdulillah atas pelayanan yang telah bapak ibu berikan, Kota Padang pada awal tahun 2023 lalu telah memperoleh penghargaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. Kota Padang meraih juara 3 kategori Kota Berkinerja Terbaik se-Indonesia,” ungkap Hendri Septa.
Wako menambahkan, penyerahan dana operasional ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Kota Padang dalam mendukung pelayanan yang diberikan oleh RT dan RW kepada masyarakat.
“Dana operasional yang kita serahkan per 3 bulan ini merupakan upaya kita untuk menunjang aktivitas dan meringankan beban para RT dan RW sebagai perpanjangan tangan pemerintah di tengah-tengah masyarakat. Hari ini kita mulai penyerahannya untuk empat kecamatan, dan akan berlanjut ke kecamatan lainnya. Kami berharap kepada RT dan RW untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.
Di kesempatan yang sama, Ketua RW 01 Kelurahan Limau Manis Selatan Darwas Malintang Bumi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Padang yang telah menyerahkan dana operasional bagi RT dan RW di lingkungan Kecamatan Pauh.
“Kami sangat bersyukur sekali dengan adanya penyerahan dana operasional ini, karena dapat menunjang operasional kami dalam melayani kebutuhan masyarakat sebagai perpanjangan tangan pemerintah,” ucapnya.
Adapun besaran dana operasional yang diterima masing – masing Ketua RT per bulan sebesar 385 ribu rupiah, Ketua RW sebesar 445 ribu rupiah. Sementara itu untuk guru TPQ/TQA dan MDT dengan sertifikasi A per bulannya mendapatkan 650 ribu rupiah, 500 ribu rupiah untuk sertifikasi B dan 400 ribu rupiah untuk sertifikasi C.
Di kesempatan ini Hendri Septa juga kembali mengingatkan para Ketua RW agar membentuk satu Bank Sampah di lingkungan masing-masing, dalam upaya mengurangi jumlah sampah yang sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aia Dingin. Serta peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menekan angka stunting.
“Kepada Ketua RW, kami ingatkan kembali untuk membentuk Bank Sampah. Beban TPA Aia Dingin sudah semakin berat, perlu peran aktif masyarakat untuk mengurangi beban sampah harian Kota Padang. Untuk Kader Posyandu, agar bersama seluruh elemen masyarakat berjuang menurunkan angka stunting. Sehingga tingkat kesehatan masyarakat Kota Padang dapat meningkat,” tegas Hendri Septa.
Turut hadir dalam penyerahan dana RT RW ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kadis Kesehatan Srikurnia Yati, Kadis Lingkungan Hidup Fadelan Fitra Masta, dan Kadis Pendidikan Yopi Krislova. Pro
+2

By PA

Related Post