Sel. Jul 16th, 2024

Polisi Tahan Pelaku Penggelapan CPO

12.30

Puncak Andalas, Sumatera Selatan – Polsek Muara Telang Polres Banyuasin tahan dua pelaku kasus tindak pidana penggelapan minyak mentah kelapa sawit (CPO) dengan .

Kasus ini terungkap setelah menerima laporan dari Kevin Masharaes, seorang karyawan PT.Gasing Sawit Abadi.

Kasus ini melibatkan dua pelaku, yaitu KSNI (60) dan AX (41), keduanya sopir dari ekspedisi CV.Semangus Indah Ekpres. Mereka melakukan penggelapan dengan mengangkut minyak CPO menggunakan mobil truck tangki, dimana 23 derigen berisikan air dibawa untuk memperberat muatan.

Kapolsek Muara Telang, Iptu Lukman Hartono SH, menjelaskan kronologis kejadian yang terjadi pada Rabu, 29 November 2023, di Pabrik PT.Gasing Sawit Abadi. Pelaku melakukan penggelapan dengan cara membuang isi air dari derigen sebelum pengisian minyak CPO. Setelah itu, mereka mengurangi/minimalkan jumlah minyak CPO yang diangkut, kemudian menjualnya kepada penampung.

“Dalam perjalanan, kedua pelaku mengambil sebagian minyak CPO tersebut, menyebabkan PT.Gasing Sawit Abadi mengalami kerugian sebanyak 800 KG minyak CPO senilai Rp.8.800.000,00,” ujar Kapolsek.

Kedua pelaku berhasil diamankan pada Jumat, 01 Desember 2023, setelah penyelidikan yang dilakukan oleh Kanit Reskrim dan anggota Polsek Muara Telang. Mereka ditemukan di Pool Mobil Ekoedisi CV.Semangus Indah Ekpres di Jalan Bambu Kuning, Kelurahan Kebun Bunga Palembang. Pelaku diinterogasi dan mengakui perbuatannya, kemudian diamankan bersama barang bukti berupa surat jalan, 5 derigen berisikan minyak CPO, dan 18 derigen kosong.

Kedua pelaku dan barang bukti dibawa ke Kantor Polsek Muara Telang untuk proses lebih lanjut. Kasus ini menjadi bukti komitmen kepolisian dalam menindak tegas tindak pidana penggelapan yang merugikan pihak korban. Tb

By PA

Related Post