Sab. Jun 22nd, 2024

Kemenag Pdg Panjang Rapat Evaluasi

By PA Feb1,2024
8
Puncak Andalas, Padang Panjang – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Padang Panjang gelar Rapat Evaluasi Tim Seleksi Khatam Al-Qur’an, Rabu, 31 Januari 2024.
Rapat yang dipimpin Kepala Kankemenag, Drs. H. Alizar, M.Ag Datuak Sindo Nan Tungga didampingi Kasi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren (Pendi Pontren), H. Syaiful Arifin itu, dilaksanakan di Aula PLHUT dihadiri anggota tim seleksi Khatam Al-Qur’an Kota Padang Panjang.
Alizar menyampaikan, sejarah Khatam Al-Qur’an telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. “Khatam Al-Qur’an bukan berarti berhenti membaca Al-Qur’an, namun adalah syiar Islam,” ujarnya seraya menambahkan khatam harus ditindaklanjuti dengan taklim dan amal.
Ditambahkannya, tim seleksi harus menjelaskan kepada wali murid dan masyarakat terkait kriteria dan indikator yang jelas. “Sehingga nantinya tidak terjadi kerancuan,” tegasnya.
Sementara Syaiful Arifin menambahkan, akan dilakukan kolaborasi dengan semua pihak terkait Khatam Al-Qur’an di Kota Serambi Mekkah ini.
“Sehingga nantinya Khatam Al-Qur’an tidak terkesan seremonial, euforia yang miskin makna. Tim seleksi harus selektif, mana peserta yang layak ikut khatam dan mana yang tidak,” pungkasnya.
Rapat evaluasi ditutup dengan diskusi dipandu JFU Bimas Islam, Afdal Zikri.
Turut hadir ketua FKTPQ, FKDT, dan FKDLS se-Padang Panjang. Hm

By PA

Related Post