Jum. Apr 12th, 2024

Beras Organik Manfaat Dan Keuntungan

By nrlvi Feb 26, 2024 #Beras Organik
12.30Ilustrasi Beras Organik
Disusun Oleh : Puncak Andalas
Beras organik adalah beras yang dihasilkan dengan proses organis tanpa menggunakan pestisida dari benih awal penanaman hingga proses pengolahan menjadi beras. Beras organik, yaitu beras yang tidak mengandung zat kimia
berbahaya. Pestisida kimia dan pupuk kimia diganti dengan pemakaian pestisida dan pupuk organik, sehingga pertanian organik tidak lagi mengandalkan pestisida kimia semata tetapi menggunakan pestisida hayati.
Hal ini dapat menjadikan hasil dari pertanian organik aman dari penggunaan zat kimia, sehingga relatif aman untuk
dikonsumsi manusia karena seluruh proses produksinya ramah lingkungan dan meminimalkan input eksternal sintetik . Hasil dari beras tersebut menjadi alternatif untuk memelihara lingkungan.
Banyaknya keunggulan dan manfaat yang didapatkan dari beras tersebut, membuat banyak konsumen beralih untuk mengonsumsi beras organik dibandingkan beras konvensional.
Manfaat Beras Organik
Ilustrasi beras organik. Foto: Pexels

zoom-in-whiteIlustrasi beras organik. Foto: Pexels
Konsumen yang beralih ke beras organik, karena beras tersebut tidak mengandung residu pestisida dan merupakan produk ramah lingkungan. Dikutip dari journal.ipb.ac.id, berikut ini manfaat mengonsumsi beras organik.

1. Digunakan sebagai nutrisi tambahan ketika diet

Beras organik memiliki kandungan glukosa lebih rendah dibandingkan dengan beras konvensional. Tidak hanya mempunyai kandungan glukosa yang rendah, beras organik juga lezat, bergizi, dan memiliki banyak khasiat sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif bagi seseorang yang ingin diet.
2. Baik untuk dikonsumsi penderita diabetes
Beras organik memiliki andungan glukosa yang rendah. Tidak hanya itu, dalam beras ini juga memiliki nutrisi seperti protein, karbohidrat dan mineral yang tinggi.
Hal itulah yang menjadikan beras organik aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
3. Membantu menurunkan kadar urea di dalam darah
Mengonsumsi beras konvensional biasanya terdapat kandungan urea yang tinggi, sehingga membuat seseorang bisa terkena penyakit yang berbahaya.
Mengganti kebiasaan dengan mengonsumsi beras organik yang memiliki kandungan urea lebih rendah, bisa mengurangi risiko terkena penyakit seperti ginjal dan lain-lain.
4. Membantu menjaga kesehatan jantung
Tidak hanya kandungan nutrisi dan proteinnya yang tinggi. Beras organik juga mengandung mineral berupa selenium yang baik untuk jantung.
Kandungan selenium itu juga bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker serta mengobati rheumatoid arthritis.
5. Membantu mengatasi gangguan pencernaan
Kandungan nutrisi yang bergizi dalam beras organik bisa membantu mengatasi masalah pada pencernaan. Mengonsumsi beras ini bisa membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.
Keunggulan Beras Organik
Ilustrasi beras organik. Foto: Pexels

zoom-in-whiteIlustrasi beras organik. Foto: Pexels
Pada hasil pertanian organik tentunya memiliki keunggulan seperti keamanan, dampak terhadap lingkungan, kualitas dan sebagainya. Adapun keunggulan dari beras organik yang dapat diketahui dari beberap hal sebagai berikut.

1. Dampak terhadap lingkungan

Adanya beras organik sangat berdampak bagi lingkungan. Penanaman secara sistem organik membuat lingkungan tidak tercemar dan kesejahteraan hewan terjaga.

2. Kualitas beras

Tidak perlu diragukan lagi bahwa kualitas beras organik sangat layak dikonsumsi. Beras organik memiliki rasa lebih enak, lebih segar dan lebih alami dibandingkan dengan beras konvensional.

3. Keamanan pangan

Sebagai bahan pangan, beras organik sangat aman untuk dikonsumsi. Pasalnya, beras organik ditanam secara alami dan terbebas dari bahan kimia.

4. Harga

Harga yang dibanderol untuk beras organik lebih mahal jika dibandingkan dengan beras konvensional. Namun, beras organik lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan beras konvensional.
Demikianlah ulasan mengenai pengertian, manfaat dan keunggulan dari beras organik. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. *********

By nrlvi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *