Jum. Apr 12th, 2024

Nominator Sumbar, Dasawisma Verifikasi

By nrlvi Feb 28, 2024 #Nominator
8
Puncak Andalas, Padang Panjang – Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Lakukan verifikasi dan falidasi lapangan kepada Dasawisma Bougenville III RT 6 Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Padang Panjang, Selasa, 27 Februari 2024.
Kegiatan dilakukan karena Dasawisma tersebut sebagai nominator Dasawisma Terbaik Tingkat Sumbar.
Tim penilai yang diketuai dr. Ermawati, Sp.OG disambut Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si. Turut hadir Pj Ketua TP PKK Kota, Sri Hidayani, S.E. Ak, Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), dr. Fitriyana Winarno, Sp.A, M.Biomed, dan jajaran pejabat Pemko.
Sonny dalam sambutannya menyampaikan keyakinannya tim penilai tidak akan sia-sia datang ke Dasawisma Bougenville III lantaran kreativitas dan inovasi yang ada di situ. Kendati begitu, Dasawisma ini sangat membuka diri menerima masukan tim penilai.
TP PKK, sebut Sonny, merupakan mitra Pemerintah. Unjuk tombaknya ialah Dasawisma. Dasawisma di Padang Panjang telah menunjukkan perannya membantu pemerintah melaksanakan program penurunan stunting. Kini angka stunting di Padang Panjang menunjukkan penurunan di bawah 14 persen.
“Kita harus berupaya lebih turun lagi di bawah 10 persen. Hal ini membutuhkan peran serta semua pihak,” ujarnya.
Sementara itu, Ermawati mengatakan, Lomba Dasawisma Tingkat Provinsi terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kota dan kabupaten. Khusus untuk kota ada lima nominator. Perolehan pemenang diurutkan dari juara satu hingga juara harapan dua. Pengumuman juara bakal diumumkan pada pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Tingkat Provinsi.
Menurut Ermawati, lomba ini dilaksanakan melihat sejauh mana program PKK berjalan. Bila Dasawisma berjalan dengan baik, berarti pembinaan PKK dari tingkat atas juga berjalan dengan baik.
“Kelompok Dasawisma diberi tugas mendata 10-20 rumah bertetangga. Seorang ketua Dasawisma mengetahui pasti warganya seperti apa, lengkap dengan data. Kalau seluruh Dasawisma aktif di kelurahan, data bisa dikumpulkan di tingkat kelurahan. Ini menjadi data dasar perencanaan kelurahan,” katanya.
Tim penilai kemudian mendengarkan ekspos dari Ketua TP-PKK Kelurahan, Sandra Leni Akbar Syah, dilanjutkan dengan verifikasi lapangan. harris

By nrlvi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *