Jum. Apr 12th, 2024

P5, TK Adakan Makan Bajamba

By nrlvi Mar 7, 2024 #TK
9
Puncak Andalas, Padang Panjang – TK Islam Darul Falah gelar kegiatan Makan Bajamba guna melestarikan kearifan lokal dengan dengan topik “Aku Bangga jadi Anak Minangkabau” di Rumah Gadang Datuak Leloanso, Kelurahan Ganting, Rabu, 6 Maret 2024.
Kepala TK Islam Darul Falah, Yesi Gustin, S.Pd mengatakan kegiatan Makan Bajamba ini termasuk sebagai agenda implementasi Kurikulum Merdeka yang telah dilakukan 4 kali dalam pelaksanaannya. Yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengajarkan kearifan lokal yang ada di Minangkabau.
“Tradisi Makan Bajamba yang mengajarkan Sumbang 12, dapat menanamkan bagaimana kebiasaan dan adat Minang. Semoga dengan adanya kegiayan ini dapat menjadi fondasi karakter yang baik bagi anak-anak,” ujarnya.
Pengawas TK dan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Raimon Burhano, M.Pd yang membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, perkembangan kognitif anak, perlu adanya pengawasan serta pembinaan nilai karakter yang sekarang ini sangat diutamakan di samping adanya nilai kompetensi akademik anak.
“Acara ini menjadi wadah yang tepat untuk hal tersebut. Disdikbud memberikan support sepenuhnya dan berharap semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam perkembangan anak untuk melestarikan kebudayaan yang ada,” ujarnya.
Acara ditutup dengan “Makan Bajamba” atau makan bersama sesuai dengan arahan materi yang disampaikan Ketua Komite Masrizal Datuak Leloanso sebagai bentuk implementasi langsung penguatan karakter anak sejak dini. Juga turut berpartisipasi para orang tua murid. Hum

By nrlvi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *