Sel. Jul 16th, 2024

Wawako Solok Hadiri Panggung Adat

12
Puncak Andalas, Solok Kota – Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra  hadiri panggung pidato adat, di Masjid Dinul Haq Kel. Koto Panjang, Kota Solok, beberapa waktu lalu.
Turut hadir pada kegiatan ini Ketua LKAAM Kota Solok, H. Rusli Khatib Sulaiman, Anggota DPRD Kota Solok, Bpk. Yoserizal, Ketua LPMK dan Pemuda kel. Koto Panjang, serta ninik mamak se kota solok.
Wawako mengatakan, Pidato adat merupakan salah satu bentuk sastra lisan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Minangkabau.
Kata- kata dan ucapan dalam pidato adat mengandung makna yang dalam, yang terhimpun dalam ungkapan kata petatah-petitih dan mamangan, tambah Dani.
Kata-kata dalam pidato adat tersebut terkandung makna berkias dan perumpamaan, yang hanya dipahami oleh orang Minangkabau dan memiliki dasar pemahaman terhadap adat serta  budaya, tambah Wawako.
Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan sebuah upaya pelestarian adat budaya masyarakat di Kota Solok yang saat ini tetap dipergunakan dalam kegiatan adat.

 

Selanjutnya, dapat merubah sudut pandang generasi muda, betapa pentingnya mengetahui dan memahami kekayaan adat dan tradisi kita Minangkabau. Pr

By PA

Related Post