Jum. Apr 12th, 2024

Bandung DBD Meningkat

By nrlvi Mar 26, 2024 #Bandung
13.30

Puncak Andalas, Jakarta – Kota Bandung, Jawa Barat, pasien demam berdarah dengue (DBD)  melonjak dalam tiga bulan terakhir.

Ada 1.741 kasus DBD dalam 3 bulan terakhir dan menyebabkan delapan orang meninggal dunia.

Dilansir detikJabar, Selasa (26/3/2024), RSUD Bandung Kiwari sempat kebanjiran pasien DBD. Direktur RSUD Bandung Kiwari, dr Yorisa Sativa, menyampaikan data perbandingan selama enam bulan, puncak kenaikan kasus terjadi pada Januari-Maret 2024.

“Sejak September 2023 itu kasus DBD masih landai, ada 18 kasus. Angka paling hanya 20-23 kasus dan sampai bulan Desember masih di 17 kasus. Januari 2024 itu mulai terasa ada peningkatan, kasus DBD mencapai 38, kemudian Februari naik menjadi 60 jadi meningkat dua kalinya. Kemudian sampai 15 Maret tercatat 40 kasus. Mungkin bisa sampai lebih dari 60 kasus DBD sampai akhir bulan Maret nanti,” ucapnya saat dihubungi detikJabar, Senin (25/3/2024).

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) masih merawat 11 pasien DBD dengan keluhan berat. Meskipun RSHS tidak mencatat adanya lonjakan kasus emergency, Div Infeksi dan Penyakit Tropis KSM IK Anak RSHS, Dr Anggraini Alam, meyakini angka kasus DBD di rumah sakit kelas B bakal kedapatan lebih banyak kasus.

“Per hari ini hanya 11 pasien. Namun ingat, ini (RSHS) adalah top reveral Jawa Barat. Artinya akan jauh lebih banyak justru teman teman yang di rumah sakit tipe B atau rumah sakit baik pemerintah swasta tetapi bukan top reveral seperti RSHS. Sampai ke Hasan Sadikin tentu yang berat-berat (keluhannya),” ucapnya.

Dia mengatakan mayoritas pasien DBD yang dibawa ke RSHS memiliki beragam keluahan berat. Beberapa di antaranya merupakan pasien meninggal di IGD atau belum masuk ke ruang perawatan karena kondisi yang sudah parah.

Dia menyebut masyarakat harus memahami fase DBD. Biasanya, demam meningkat tinggi selama 2-7 hari disertai dengan nyeri kepala, nyeri belakang telinga, nyeri sendi, otot, tenggorokan, muncul ruam, atau kemerahan di muka. Dia juga meminta orang tua mewaspadai perubahan perilaku pada anak yang mengalami demam. dt

By nrlvi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *