Rab. Apr 24th, 2024

Sekda,Pemudik Hati Hati Di Lintas Barat

By nrlvi Apr 3, 2024
14

Puncak Andalas, Pesisir Selatan – Pemudik  Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 untuk lintas  Barat Pesisir Selatan untuk hati hati. Hujan deras yang terjadi seketika, bisa saja membuat beberapa titik ruas jalan rusak dan juga tertimbun longsor.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesisir Selatan (Pessel), Mawardi Roska, ketuka ditemui awak media diruang kerjanya, Painan, beberapa waktu lalu.

Kondisi cuaca yang tidak menentu pasca bencana alam banjir dan tanah longsor yang terjadi pada 7-8 Maret 2024 lalu, tambahnya.

Kondisi yang cukup rawan itu tidak saja di sepanjang jalan nasional di Siguntur, Barung Barung Belantai Kecamatan Koto XI Tarusan, dan Bukit Putus Painan, tambahnya.

“Tapi juga di Bukit Pulai Kecamatan Batang Kapas, Bukit Punai Balaiselasa, dan Bukit Buai Tapan. Demikian juga pada ruas jalan Pessel-Kerinci, tepatnya antara pasar Tapan Kecamatan Basa IV Balai Tapan dengan Kerinci Provinsi Jambi,” jelasnya.

Pada ruas jalan pasar Tapan-Kerinci yang menghubungkan Sumbar dengan Jambi itu, terdapat sekitar tujuh titik rawan longsor.

“Selain itu jalan nya juga sempit dan memiliki tikungan yang tajam. Agar ancaman sebagaimana dikhawatirkan itu tidak terjadi, sehingga pemerintah daerah juga menyiagakan satu unit alat berat di kawasan itu. Tujuannya agar penanganan bisa cepat dilakukan, terutama bila ancaman bencana seperti longsor terjadi dengan tiba-tiba,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Pessel, Fahrezi Eka Siska ketika dihubungi menjelaskan bahwa panjang ruas jalan Tapan-Kerinci yang tergolong rawan longsor itu mencapai 60 kilometer.

Pada ruas jalan mencapai 60 kilometer itu, kewenangannya ada pada dua provinsi, yakni Sumbar dan Jambi.

“Agar kenyamanan dan keselamatan warga yang memanfaatkan jalur ini tercapai, maka koordinasi dengan pihak provinsi pun kita lakukan,” timpalnya. hum

By nrlvi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *