Rab. Apr 24th, 2024

1.600 Mustahig Tanah Datar Terima Zakat

By nrlvi Apr 4, 2024 #1.600
16

Puncak Andalas, Tanah Datar – Bupati Tanah Datar, Eka Putra Serahkan secara simbolis Zakat kepada 1.600 orang Mustahiq, di Masjid Al Amin, Kecamatan Lima Kaum, Tanah Datar, Kamis, 4 April 2024.

Acara di ikuti Ketua Baznas, Yasmansyah, Kabag Kesra Alinardius, Camat Lima Kaum Ikrar Pahlefi, Wali Nagari Limo Kaum dan tamu undangan lainnya.

Bupati sambutannya mengajak kepada seluruh masyarakat Tanah Datar terutama yang hadir saat itu, untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat yang telah diberikan.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan masyarakat agar selalu meningkatkan keimanan dan jangan mudah berputus asa serta berdoa agar Luhak nan Tuo ini dijauhkan dari berbagai bencana oleh Allah.

“Jangan lihat dari jumlah dan nilainya, namun syukurilah bahwa daerah masih bisa memperhatikan masyarakatnya. Tidak hanya dari segi sosial kemasyarakatan, namun juga dibidang pendidikan dan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Dalam laporannya, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan, Baznas kabupaten Tanah Datar pada Idul Fitri tahun ini menyalurkan zakat konsumtif lebaran kepada mustahiq sebanyak 1.600 orang, dengan rincian 1.500 orang diusulkan ASN dengan dana sebesar Rp 750 juta. Sisanya sebanyak 100 orang diusulkan guru sertifikasi Kemenag Tanah Datar, dengan dana Rp 50 juta.

“Menjelang Lebaran 1445 H/ 2024 M Baznas Tanah Datar menyalurkan zakat konsumtif kepada 1.600 orang Mustahiq se kabupaten Tanah Datar, dan masing-masing akan menerima zakat konsumtif sebesar Rp 500 ribu,” terangnya.

Lebih lanjut, Yasmansyah katakan dana yang didistribusikan saat ini dihimpun dari zakat ASN dan Guru sertifikasi dari Kemenag Tanah Datar.

“Dana yang di salurkan Baznas Tanah Datar selama ini melalui berbagai program, sekitar 93 persen berasal dari zakat ASN yang di salurkan melalui Bendahara di masing-masing perangkat daerah,” ungkapnya.¬†pro

 

By nrlvi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *