Sel. Jun 25th, 2024

Sambung Pucuk, Perbanyak Bibit Durian

By PA Mei22,2024 #Sambung Duria
9.30

Puncak Andalas, Solok Selatan – Durian adalah salah satu buah populer yang disukai masyarakat Indonesia. Buah durian memiliki aroma yang khas, dengan daging buah yang rasanya manis. Karena itu Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok selatan akan memperbanyak Bibit Durian.

Hal tersebut disampaikan oleh Kadis Pertanian ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok Selatan, yang Diwakili Kabid Tanaman Pangan dan Holtikuluta, Dafrizal, diruang kerjanya, Rabu, 22 Mei 2024.

Menurutnya, untuk memperbanyak bibit durian kami akan melakukan Sambung pucuk durian, Sekarang telah kami lakukan pembibitan durian, digunakan nanti untuk batang Bawah. Sedangkan yang akan disambung Durian yang jura p[ada Vestifal Durian Tahun 2021 dan 2022

Sambung pucuk jelas kabid teknik perbanyakan tanaman dengan cara menggabungkan 2 tanaman batang bawah dengan batang bagian atas/entres untuk menciptakan tanaman baru. Teknik sambung pucuk ini bisa dilakukan pada jenis tanaman berkayu, salah satunya sambung pucuk tanaman durian. tambahnya.

Dalam pembuatan bibit durian usia dini melalui grafting/sambung pucuk ada dua bagian penting yang harus siap dalam waktu bersamaan, bagian yang pertama adalah batang bawah yang bertugas untuk bertanggung jawab dalam sistem perakaran dan yang kedua adalah batang atas yang didapatkan dari pohon induk untuk kemudian disambungkan ke batang bawah. katanya.

Bibit durian berkualitas bisa didapatkan dengan teknik perbanyakan vegetatif, yaitu melalui Okulasi, sambung pucuk, cangkok dan stek. Namun teknik sambung pucuk dan okulasi tanaman durian lebih direkomendasikan.

Dafrizal menjelaskan tahapan demi tahapannya. Batang bawah durian yang digunakan untuk sambung pucuk tanpa ikat adalah yang berumur 1-2 bulan. Atau menggunakan batang bawah sisa akibat gagal hidup saat sambung pucuk dini. Karena sambung pucuk tanpa ikat dilakukan pada bagian hipokotil rootstock durian (bagian “bonggol” bibit).

Entris yang berasal dari pohon induk diambil bersama daunnya. Kemudian dibuat sayatan berbentuk baji memanjang. Setelah itu dipotong di atas ruas tunas yang diikutkan sehelai daun utuh. Batang bawah dipotong dan dibelah tegak turus sepanjang sayatan entris. Entris diselipkan pada celah tanpa diikat atau dijepit. Seterusnya disungkup pakai kantong plastik es lilin, katanya.

Mudahnya Sambung Pucuk Durian Unggul Tanpa Pengikat dan ...

Simpan tempat tanaman sambung pucuk itu di tempat yang teduh dan terhindar dari hujan atau resiko tersenggol dan lain-lain. Setelah 10-15 hari bibit sudah hidup dan dapat dibuka. Setelah itu bibit disiram pupuk organik cair atau dicampur dengan pupuk NPK 1-2 gr/liter air setiap 7-14 hari. Siram air jika media tanam mulai kering.

Bibit samcuk satu mata ini pertumbuhannya mirip dengan okulasi yaitu relatif tegak dan simetris. Keuntungan metode ini lebih hemat entris, lebih murah, memanfaatkan sisa gagal samcuk, dapat lebih awal disambung, dan mutu bibit yang relatif bagus pertumbuhannya.

Pada teknik sambung pucuk atau grafting ada dua bagian penting yang harus disiapkan, yaitu tanaman bagian bawah yang bertanggung jawab dalam sistem perakaran, dan tanaman bagian atas yang yang didapatkan dari pohon induk untuk kemudian disambungkan ke batang bawah.

Tahap Penyambungan/Grafting

  • Potong batang bawah kurang lebih 20-25 cm dari permukaan tanah.
  • Batang bagian bawah dibelah sekitar 2-2,5 cm dengan menggunakan pisau, cutter atau silet tepat di tengah sehingga kedua sisinya sama.
  • Entres yang sudah siap untuk disambungkan kemudian disayat kanan kirinya agar membentuk lancip seperti baji, panjang entres kira-kira 15 cm
  • Sisipkan pada belahan batang bawah, upayakan ukuran batang atas dan bawah kurang lebih sama, usahakan sambungan serapat mungkin an tidak terdapat rongga
  • Kemudian ikat sambungan, jika menggunakan plastik es untuk mengikat maka ditarik terlebih dahulu agar memanjang kemudian dibelah menggunakan cutter/pisau.
  • Ikat sambungan menggunakan plastik PE atau plastik es tersebut, dengan cara melilitnya yang dimulai dari bagian bawah ke atas dengan sistem pemasangan genting hingga seluruh bagian sambungan tertutup rapat, rapatkan dan perkuat ikatan di bagian atas sambungan agar saat hujan, air tidak masuk mengenai sambungan
  • Sungkup entres menggunakan plastik es, jika kurang panjang plastik bisa ditarik dan disesuaikan dengan panjang entres yang akan disungkup. Ikat bagian bawah plastik sungkup untuk menjaga kelembaban agar entres tidak kering, akan tetapi pengikatan jangan terlalu kencang dengan tujuan agar uap air yang berada di dalam plastik sungkup nantinya dapat keluar.
  • Jika batang bawah ditanam dalam polybag maka letakkanlah di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, akan tetapi jika batang bawah ditanam pada lahan maka buatlah naungan agar bibit tidak terpapar sinar matahari secara langsung*********

 

By PA

Related Post